Uji Validitas dan Reliabilitas Kuesioner dengan IBM SPSS 21

Kuesioner merupakan salah satu insturmen penelitian untuk menggali informasi secara langsung. Informasi yang didapat dari kuesioner itu perlu diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji validitas menunjukan apakah kuesioner tersebut mampu mengukur apa yang harus diukur. Misalnya kuesioner untuk mengukur tingkat kepuasan, apakah masing-masing pertanyaan mampu mengukur tingkat kepuasan tersebut. Sedangkan Reliabilitas menunjukan kekonsistenan asa hasil pengukuran. Atau secara singkat validias adalah ketepatan dan reliabilitas adalah ketetapan. Sebagai contoh saya menggunakan sebuah data insturmen dengan jumlah responden 30 orang dan jumlah item pertanyaan 13 pertanyaan. Langkah-lankahnya sebagai berikut:

  • Buka IBM SPSS 21, Kemudian masukan data yang sudah ada dalam file excel dengan cara mencopy data cell kemudian di paste pada spss 21

  •  klik Analyze → Scale → Releabilty Analysis
  •  Ctr A  →→ Statistics
  • Pada dialog Reliability Analysis Statistics, cek ( item, scale, scale if item deleted,..)→ Continue→Ok
  • Hasil dari output
    Dari hasil output terlihat pada kolom Corrected Item-Total Correlation, jika nilai item kurang dari 0,361 ( nilai r table dengan jumlah reponden 30  adalah 0,361) maka item soal tersebut tidak valid, tetapi pada hasil output yang terlihat tidak ada soal yang nilai Corrected Item-Total Correlation nya kurang dari 0,361 jadi semua pertanyaan instrument kita valid.
  • Sedangkan untuk mengetahui reliabilitas instrument terlihat pada Cronbach’s Alpha ( menurut Arikunto,1998, nilai Cronbach’s Alpha > 0,700) pada output analisis kita adalah 0,927 , jadi insturmen kita adalah Reliabel.(sofyan ahmad faiz,2014)

ADD YOUR COMMENT